Jangan Banyak Ekspektasi

Gue kali ini pengen cerita, kenapa akhirnya gue berani untuk nulis. Padahal gue sama sekali orang yang gak pandai berkata-kata atau merangkai kata. Gue cuma modal nekat aja. Karena gue pengen nge-share apa yang gue pikirin. Seperti yang gue tulis di Profil, many thing i cannot say with talk, karena public speaking gue jelek, gue masih suka nervous when i talking in front of many people. And well, this is how i say it.

Gue merasa, gue itu orang yang kurang berani. Gak pede-an. Kalo harus berbicara secara langsung depan banyak orang(gue pernah nulis soal ini di blog gue sebelumnya). Makanya gue milih nulis. Karena nulis, gue gak harus berdiri didepan orang secara langsung untuk berbicara atau apapun. Tapi bahasan gue kali ini bukan soal Pede. Gue cuma pengen dengan orang baca tulisan gue, mereka dapet sesuatu, dan bisa diambil garis besarnya. Intinya ada manfaatnya atau positif. Kalo masalah ada yang baca atau engga, ya itu urusan belakang, yang penting adalah gue udah bisa share sesuatu yang insya Allah bermanfaat untuk orang lain dan positif. Itu sih tujuan gue.
Dan, sampe saat ini gue ngerasa tulisan gue belom ada isinya. Isi disini maksud gue adalah sesuatu yang bermanfaat yang bisa diambil orang dari tulisan gue itu belom ada. Gue masih bingung harus nulis tentang apa. Karena gue merasa, selama 19 tahun ini gue hidup, ternyata masih belom banyak yang gue pelajari. Gue masih belom ngerti gimana cara ngobrol sama orang asing, gimana cara gue mesti bersikap. Gue rasa gue masih dalam proses pencarian jati diri. Gue masih bingung sama arah hidup gue. Mindset gue masih suka berubah-ubah.

...

In my experience, dulu pas SMA gue punya mindset kalo misalnya hidup itu harus punya rencana. Gue harus bikin wish list untuk hidup gue kedepan. Umur segini harus ngapain, umur segini harus sudah begini, begitu, pokonya bener-bener gue list apa yang harus gue lakuin buat kedepan. Selain wish list, gue juga tulis ditembok, biar selalu keliatan. Sampai akhirnya pas lulus SMA, semua yang gue tulis di wish list itu meleset. Gak ada yang sesuai. Sedih kan gue akhirnya, sakit hati. Trus gue ngerasa cara ini tuh bikin gue ke pressure banget sama rencana gue sendiri, yang bahkan gak ada yang gue dapet satu pun. Dari situ gue mikir
"Apa yang salah? Apa gue kurang belajar? Apa gue kurang serius? Apa gue kurang berdoa? Apa cara gue salah buat dapetin apa yang gue mau?. "
Padahal dulu gue niat banget, sampe-sampe gue bela-belain buat les pas pulang sekolah, bimbel tambahan juga disekolah dan dirumah guru gue.  
"Apa gue terlalu optimis? Apa gue terlalu terpaku sama rencana gue sampe gue lupa ada Allah yang udah ngatur hidup gue? ."
Mungkin disitu salah gue. Gue lupa sama rencana Allah buat gue, dan Allah biarin gue sakit hati biar gue sadar bahwa ada Dia yang udah ngatur hidup gue.

Sekarang, gue lebih ngebebasin hidup gue. Gue cape kalo harus bikin wish list lagi untuk hidup gue mau dibawa kemana. Gue sekarang pengen serahin aja semuanya sama Allah.
"Gue biarin hal-hal yang gak terduga yang bakal dateng dihidup gue, jadi kejutan."
Karena pusing kalo terlalu mikirin hidup gue mau dibawa kemana. Kan gue gatau didepan bakal ada apa, bakal kaya gimana, dan yang penting banget dan gak boleh lupa tuh gue gak tau apa yang Allah persiapkan buat gue. Dan gue yakin, eventually bakal baik-baik aja kalo gue nya lurus-lurus aja, gak neko-neko, gak terlalu khawatir, karena ada Allah yang ngatur. Mau gue segimana lari pun karena gue pengen kesana, kalo Allah nyuruhnya kesini, ya bakal kesini juga. Takdirnya kesitu, ya bakal kesitu. Kalo misalnya ada yang bilang kan hidup itu harus ada rencana, kalo engga ya bingung mau kemana, harus jalan kemana? Menurut gue sih, gak usah takut gak punya jalan, kalo gak bikin rencana hidup. Yang terpenting tuh ya gue kuliah yang bener, kerja yang bener, usaha yang bener. Pasti jalan tuh ada aja, pasti. Gak akan bercabang, gak akan bingung. Karena kalo bercabang dan bingung itu ya tadi, Allah udah nyuruh gue kesini, tapi gue mikirnya kesitu. Takdirnya gue harus jalan kesini, gue malah jalannya kesitu.

So, the point is jangan banyak ekspektasi. Natural nya manusia sih sebenernya, kalo ngelakuin sesuatu atau bertemu sama orang baru, pasti punya ekspektasi. Tapi expectation itu kills sebenernya, karena pas gue tau akhirnya, loh ko ini gak sesuai sama yang gue pikirin ya, trus gue jadi kecewa sendiri.
"Harusnya tuh dari awal gue pressure sama diri gue sendiri, what happen, happen. Yang penting udah berusaha, dan melakukan sesuatu yang gue bisa semampu gue."

...

But the problem is gue belom tau juga yang paling bener tuh mindset yang seperti apa. Apakah mindset gue yang sekarang ini udah bener? Gue gak tau, tapi yang jelas gue lebih nyaman sekarang. Alhamdulilah, hidup gue sekarang lebih ringan. Gak terlalu takut, gak terlalu khawatir, gak cape ngejar-ngejar sesuatu yang belom jelas. Gak ke pressure sama rencana sendiri. Itu sih cerita pengalaman gue soal perubahan mindset.

...

Balik lagi soal tulisan gue, ini satu lagi yang bikin gue akhirnya berani nulis adalah karena gue rasa gue orang yang rada pemikir, dan gue belom nemuin orang yang bisa gue ajak buat mikir sesuatu dan beropini bareng. Trus mau nulis di story whatsapp atau ig, pasti kepanjangan hehe. Maka dari itu, jadilah blog ini, dan insya Allah untuk kedepannya gue bakal share yang bermanfaat dan positif.

...

Itu aja yang mau gue sampe-in, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

It's All About Pede